Software yang Harus Dikuasai oleh Mahasiswa Teknik Kimia

Sebagai mahasiswa teknik kimia, sering kali kita dituntut untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan dalam proses kimia. Untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut, para mahasiswa teknik kimia dibantu oleh berbagai aplikasi/software pada masa perkuliahan. Selain itu, penggunaan aplikasi ini akan membantu para lulusan teknik kimia untuk bekerja. Nah kira-kira apa aja sih aplikasinya?

1. Microsoft Office (Excel, Word, Powerpoint, dan Visio)



Keempat software tersebut sangat membantu mahasiswa teknik kimia dalam pengerjaan tugas dan laporan, khususnya microsoft excel. Microsoft excel sangat berguna apabila mahasiswa teknik kimia dihadapkan dengan tugas yang memerlukan perhitungan dan grafik. Dengan menggunakan berbagai fungsi yang ada didalam microsoft excel mahasiswa akan lebih terbantu dan dapat mengerjakan tugas dengan mudah. Selain itu terdapat microsoft visio, dimana microsoft visio akan membantu mahasiswa teknik kimia dalam membuat diagram alir yang dibutuhkan pada laporan penelitian atau dalam membuat process flow diagram (PFD) yang dibutuhkan pada saat tugas besar prancangan pabrik kimia. Untuk microsoft word dan powerpoint tentu tidak perlu ditanyakan lagi kan fungsinya? Tentu saja mahasiswa teknik kimia harus dapat menguasai kedua software dasar tersebut baik untuk mengerjakan laporan maupun untuk presentasi tugas.

2. MatLab (Matrix Labotary)

Aplikasi MatLab ternyata juga dibutuhkan oleh mahaswa teknik kimia loh. MatLab (Matrix Labotary) sendiri merupakan bahasa pemrograman tinggi, tertutup dan case sensitive dalam lingkungan komputasi numerik. Fungsi dari MatLab sendiri cukup banyak, yaitu :
  1. Matematika dan Komputasi
  2. Pengembangan dan Algoritma
  3. Pemodelan, Simulasi dan Pembuatan Prototype
  4. Analisa Data, Eksplorasi dan Visualisasi
  5. Pembuatan Aplikasi Termasuk Pembuatan Graphical User Interface
Secara khusus, fungsi dari MatLab bagi mahasiswa teknik kimia adalah membantu menyelesaikan masalah-masalah dalam komputasi proses. Misalnya dalam persamaan termodinamika, penyelesaian permasalahan dengan menggunakan Metode Gauss salah satunya, dapat dapat diselesaikan dengan membuat pemrograman menggunakan MatLab. Selain itu MatLab juga dapat digunakan dalam menentukan persamaan laju reaksi, persamaan laju alir volumetrik cairan keluar tangki, dan menentukan persamaan linear dan tak-linear.

Tetapi untuk dapat menggunakan MatLab, disarankan untuk mempelajari bahasa pemrograman dan matrix terlebih dahulu sebagai dasar penggunaan MatLab. Untuk mendapatkan literatur mengenai dasar - dasar penggunaan MatLab bagi mahasiswa Teknik Kimia silahkan klik disini!

3. Aspen Hysys

Aspen Hysys sendiri merupakan salah satu software engineering yang wajib dikuasai oleh mahasiswa teknik kimia. Aspen Hysys berfungsi sebagai model simulator dalam satu unit atau beberapa rangkaian proses yang berkaitan dengan bidang teknik khususnya teknik kimia. Misalnya proses pada reaktor serta beberapa reaksi yang terjadi, proses pemisahan (separator), dan proses pemurnian (distilasi, absorbsi). Salah satu kegunaan Aspen Hysys bagi mahasiswa teknik kimia adalah :
  1. Membantu dalam mengerjakan Pra-rancangan Desain Pabrik Kimia
  2. Membantu dalam studi optimasi unit alat atau proses kimia
Selain itu, Aspen Hysys juga bermanfaat bagi lulusan teknik kimia yang bekerja dalam bidang CPI (Chemical Process Industry). Nah, biasanya mahasiswa teknik kimia baru akan mempelajari penggunaan Aspen Hysys pada semester 4 atau 5. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba mempersiapkan dan mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu bagi mahasiswa semester 3.

Nah, sekian penjelasan mengenai software yang harus dikuasai oleh para mahasiwa teknik kimia 😁. Sebenarnya masih banyak software lainnya seperti ChemCad atau SciLab, namun yang software yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan software yang biasa dipelajari di sebagian besar perguruan tinggi. Thank you for reading 😊

source :
1. http://kmtk.ums.ac.id/2019/09/software-yang-digunakan-di-bidang.html
2. https://www.kaskus.co.id/thread/5751096f31e2e61a2e8b4570/mengenal-aspen-hysys-software-model-engineering/
3. https://docplayer.info/35117051-Komputasi-proses-teknik-kimia-menggunakan-matlab.html

Komentar